Bab 1
Pendahuluan
1. Apa
yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
Perilaku konsumen merupakan
tindakan-tindakan yang terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi,
dan membuang suatu produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului
dan mengikuti tindakan-tindakan tersebut.
2. Pemikiran
yang benar tentang konsumen
Konsumen adalah setiap orang
pemakai barang dan/ atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi
kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak
untuk diperdagangkan. Jika tujuan pembelian produk tersebut untuk dijual
kembali, maka dia disebut pengecer atau distributor.
3. Penelitian
konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis
Konsumen merupakan sosok individu
atau kelompok yang mempunyai peran urgent bagi perusahaan. Hal ini disebabkan
keberadaan konsumen mempunyai akses terhadap eksistensi produk di pasaran
sehingga semua kegiatan perusahaan akan diupayakan untuk bisa memposisikan
produk agar dapat diterima oleh konsumen, eksistensi kebutuhan yang sifatnya
heterogen kemudian menjadi dasar bagi konsumen untuk melakukan tindakan
pemilihan atas tersedianya berbagai alternatif produk, tindakan konsumen itu
sendiri merupakan suatu refleksi dari rangkaian proses tahapan pembelian dimana
implikasi atas tindakannya tersebut akan mengantarkan pada suatu penilaian
bahwa produk dapat diterima oleh pasar atau justru terjadi penolakan oleh pasar
(Mabruroh, 2003)
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar