Jumat, 11 November 2011

Jelaskan persamaan dan perbedaan antara ilmu budaya dasar (IBD) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS)

1.     Jelaskan persamaan dan perbedaan antara ilmu budaya dasar (IBD) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS) ??

PERSAMAAN ANTARA ILMU BUDAYA DASAR (IBD) DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
·         Manusiawi
Dalam IBD dan IPS maksud dari manusiawi adalah pada dasarnya seperti yang kita ketahui setiap manusia tidak bisa hidup sendiri atau individualis. Sebaiknya sebagai manusia haruslah bersosialisasi kepada banyak orang tanpa melihat warna kulit, umur,keturunan,kekayaan, dan lain sebagainya.

·         Berbudaya
agar kita tahu budaya kita,yang sudah jadi rahasia umum bahwa bangsa indonesia ini adalah salah satu negara yang  memiliki banyak budaya, maka dengan kita mempelajari IBD  dan IPS ini diharapkan kita tahu , memahami tentang budaya kita dan Selalu berusaha menjaga budaya kita agar tidak di ambil oleh negara asing atau  negara lain.

·         Kehalusan atau tingkah laku dalam bermasyarakat
dalam IBD dan IPS  kita di ajarkan  tata cara atau tingkah laku dalam bersosialisasi sehari-hari  di lingkungan,baik di lingkungan yang kita sudah terbiasa dan juga lingkungan yang baru . Karena setiap lingkungan mempunyai cara pandang yang berbeda dalam bersosialisasi!maka kita harus bisa mengambill sikap yang tepat  pada saat di lingkungan mana pun ,agar kita bisa di terima di lingkungan tersebut.







PERBEDAAN ANTARA ILMU BUDAYA DASAR (IBD) DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
1.     Ilmu budaya dasar
Istilah IBD dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

        
2.    Ilmu  pengetahuan social (IPS)
Adalah ilmu yang mempelajari tentang cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran politik,sosiologi,hukum,dan lain sebagainya.keseluruhan aspek social,baik yang ada di dalam imu budaya dasar (IBD) maupun diluar ilmu budaya dasar (IBD) itu sendiri. Ips juga mempelajari tentang sejarah-sejarah,baik sejarah  perjuangan atau revolusi,ekonomi bangsa,dan lain-lain.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar